Saturday, December 12, 2020

Marketing Insight - Apa dan Bagaimana ?

Hallo semua..

Kembali lagi nih di blog ini, kali ini saya akan membagikan tentang materi webinar yang kemarin saya ikuti, diselenggarakan oleh kampus Esa Unggul. Yang ingin saya bagikan disini adalah materi dari Ibu Cicilia S. Bangun, ST., MT materi yang disampaikan sangat menarik makanya baca sampai habis ya dan saya juga akan sertakan videonya agar kalian juga dapat mendengarkan langsung dari Ibu Cecilia. 



Consumer Insight Untuk Bisnis Yang Lebih Baik

Consumer Insight itu seperti jembatan untuk mendengar suara konsumen agar dapat mengetahui apa yang diinginkan konsumen. Consumer insight adalah pesan yang dapat disampaikan ke konsumen.



Customer journey muncul stimulus yang biasanya ada di kebutuhan seperti konsumen mencari informasi sesuai kebutuhannya, setelah itu mencari barang yang dibutuhkan di website store ataupun marketplace, konsumen juga dapat memilih dan membandingkan produk di website strore atau marketplace. Jika sudah cocok barulah dilakukan pembelian, lalu pastinya konsumen akan memakai produk tersebut dan merasakan product experience, pengalaman yang terjadi pastinya akan dibagikan kepada lingkungan sekitarnya lalu akan terjadi experience sharing. Kemungkinan yang terjadi dari experience sharing itu ada dua, komplen atau kepuasan. Jika puas pasti produk akan direkomendasikan ke lingkungan sekitarnya. Dari customer journey kita dapat mengenali customer kita.

Sekarang kita bedakan customer dan consumer, customer itu adalah orang atau organisasi yang membeli sesuatu pada toko atau bisnis sedangkan consumer itu adalah pemakai produknya. Insight berarti pemahaman jelas dan dalam secara tiba – tiba pada suatu produk.

Consumer insight dapat diartikan sebagai upaya mengidentifikasikan semua tentang consumer yang dilakukan mendalam, mulai dari geografis, kebiasaan, demografis dan faktor lainnya yang mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung dengan komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk/jasa yang ditawarkan.

Consumer insight dibagi menjadi 2 area yaitu area klasik dan area psikologis. Area klasik biasanya selalu lebih keapada geografis dan demografis sedangkan psikologis biasanya lebih kepada apa yang konsumen pikirkan tentang sebuah produk.

Cara mengumpulkan consumer insight :

  •  Latar belakang / literatur budaya
  •  Survey
  • Observasi langsung
  • Interview
  •  Online / social media monitoring
  • Laporan penjualan
  • Pengalaman


Sumber Informasi melakukan consumer insight :

  • Search engines
  • Social networks
  • Consumer reviews
  • Brand websites
  • Comparators
Memanfaatkan consumer insight dari jaringan sosial : 

  • Identifikasi kebiasaan konsumsi konsumen
  • Memahami komunitas konsumen
  • Mendapatkan feedback dari konsumen
  • Mendapatkan opini untuk memperbaiki komunikasi
  • Memahami waktu konsumsi konsumen
  • Mengevaluasi pengalaman konsumen
  • Membandingkan dengan pesaing
  • Mengidentifikasi new influencer
  • Mendapatkan info trend terbaru
  • Mengoptimalkan iklan
Komponen dasar consumer insight

Dengan pengumpulan data apa keinginan komsumen, lalu analisis data “peta” keinginan konsumen setelah itu lakukan optimalisasi dari perusahaan. Selanjutnya dilakukan promosi dengan menyampaikan pesan pada konsumen. Terakhir lakukan personalisasi yang membentuk ciri perusahaan.

Manfaat consumer insight :

  • Menyesuaikan strategi pemasaran
  • Menganalisa pesaing
  • Menekan biaya akusisi per pelanggan
  • Meningkatkan jumlah pelanggan
  • Meningkatkan transaksi per pelanggan
  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan
Tapi manfaat yang paling penting dari consumer insight adalah meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan transaksi per pelanggan dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Nah dibawah ini adalah video dari webinar "Marketing Insight - Apa dan Bagaimana?" selamat menonton, semoga ilmunya bermanfaat.



No comments:

Post a Comment