Saturday, December 5, 2020

Kemitraan Usaha / Bisnis




Haii Semuaaa...

Kali ini bahas sama - sama yuk tentang kemitraan usaha / bisnis. Sebelum membahas lebih jauh tentang kemitraan usaha / bisnis, sudah pada tau belum apa itu kemitraan usaha / bisnis ? mari simak penjelasannya ya.

Kemitraan Usaha adalah jalinan kerjasama usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha kecil dengan pengusaha menengah/besar (Perusahaan Mitra) disertai dengan pembinaan dan pengembangan oleh pengusaha besar, sehingga saling memerlukan, menguntungkan dan memperkuat. Kemitraan usaha akan menghasilkan efisiensi dan sinergi sumber daya yang dimiliki oleh pihak-pihak yang bermitra dan karenanya menguntungkan semua pihak yang bermitra. Kemitraan juga memperkuat mekanisme pasar dan persaingan usaha yang efisien dan produktif. Bagi usaha kecil kemitraan jelas menguntungkan karena dapat turut mengambil manfaat dari pasar, modal, teknologi, manajemen, dan kewirausahaan yang dikuasai oleh usaha besar. Usaha besar juga dapat mengambil keuntungan dari keluwesan dan kelincahan usaha kecil.

Tujuan kemitraan adalah untuk meningkatkan pendapatan, kesinambungan usaha, meningkatkan kualitas sumberdaya kelompok mitra, peningkatan skala usaha, serta menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan usaha kelompok usaha mandiri

Menurut Hafsah (1999), tujuan ideal kemitraan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kemitraan secara lebih konkret yaitu 

  • Meningkatkan pendapatan usaha kecil dan masyarakat.
  • Meningkatkan perolehan nilai tambah bagi pelaku kemitraan.
  • Meningkatkan pemerataan dan pemberdayaan masyarakat dan usaha kecil.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi perdesaan, wilayah dan nasional.
  • Memperluas kesempatan kerja.
  • Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional.
Sedangkan manfaat yang akan diperoleh dalam kegiatan kemitraan adalah merupakan upaya bersama untuk memperkuat kemampuan bersaing dan untuk membangun tatanan dunia usaha yang kuat dengan tulang punggung usaha menengah yang tangguh saling mendukung dengan usaha kecil dan usaha menengah atau usaha besar, atau membangun tatanan perniagaan yang sehat antara pengelola perniagaan dengan pemilik modal melalui ikatan-ikatan kerjasama.

Ada empat jenis kemitraan bisnis:

  1. Kemitraan LLC (juga dikenal sebagai LLC multi-anggota)
  2. Kemitraan Tanggung Jawab Terbatas atau Limited Liability Partnership (LLP)
  3. Kemitraan Terbatas atau Limited Partnership (LP)
  4. Kemitraan umum atau General Partnership (GP)
Strategi kemitraan merupakan strategi kerjasama yang terbentuk oleh karena adanya dimensi kepercayaan dan komitmen antara partner. 
Kepercayaan dan komitmen ini terbentuk karena adanya beberapa faktor yang berpengaruh diantaranya adalah faktor ketergantungan sumberdaya (M. B Sarker, 1998), faktor kualitas hubungan (Johnson, 1999), faktor fleksibilitas (Heidi, dalam Johnson, 1993), dan faktor penyebaran informasi (Dwyer, 1987). 

Penerapan Kemitraan Bisnis pada Usaha Laundry
Besarnya potensi pasar laundry saat ini telah merubah wajah laundry yang dianggap sebagai bisnis rumahan, menjadi industri jasa yang berkembang pesat dan menjanjikan. mencuci pakaian pada jasa laundry semakin menjadi gaya hidup dalam masyarakat modern karena serba praktis dan isntan sehingga membuka prospek bisnis yang sangat menjanjikan dimasa depan. Fenomena usaha jasa laundry di Indonesia cukup memberikan warna bagi usaha baru yang berkembang. Usaha jasa laundry sudah bertebaran di pelosok kota, terutama untuk kota tujuan, kota pelajar, dan kota pusat bisnis.

Keuntungan berinvestasi pada bisnis laundry yaitu :
  • Target pasar yang besar
  • Balik modal yang relatif cepat
  • Bisnis anti resesi
Usaha laundry juga menawarkan paket investasi kemitraan yang sangat menjanjikan, dan pastinya juga dengan sistem manajemen dan operasinal yang sangat baik.

Sudah tau kan sekarang kemitraan bisnis itu apa, mungkin juga ada yang tertarik menjalin sebuah kemitraan bisnis apalagi pada bisnis yang baru saja dibangun. Yang pasti semuanya semangat yaa dan salam sehat selalu.

No comments:

Post a Comment