Saturday, January 9, 2021

Teknik dan Strategi Pemasaran


Haii Semua..
kali ini bahas tentang teknik dan strategi penting pemasaran yuk, karena pemasaran salah satu unsur penting dalam manajemen lohh. Mari di simak penjelasan - penjelasannya.

Teknik dan Strategi Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen, menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, menentukan tingkat harga, mempromosikannya agar produk dikenal kosumen, mendistribusikan produk ketempat konsumen.

Strategi pemasaran memiliki tujuan diantaranya :
  1. Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran
  2. Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang berlaku
  3. Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan
  4. Mampu meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam pemasaran
Prinsip pemasaran terbagi menjadi 7 yaitu :
  1. Merumuskan terlebih dahulu masalahnya
  2. Melakukan pengumpulan data yang terhubung dengan masalah yang dilakukan dan diperoleh secara objektif
  3. Mengelompokkan atau menggolongkan data yang diperoleh, diseleksi, diringkas, dan dimasak sehingga dapat menjadi suatu informasi yang berarti
  4. Menghubungkan antara masalah yang sedang dihadapi dengan informasi yang telah dimasak yang menjadi informasi berarti
  5. Menyusun atau membuat beberapa alternatif cara untuk memecahkan masalah
  6. mengambil salah satu dari bebagai alternatif yang sudah disusun atau dibuat
  7. Jika perlu sebelum mengumpulkan data seperti yang disebutkan pada butir 2 di atas dibuat rumusan dugaan atau hipotesis sedangkan prinsip pemasaran adalah suatu dalil yang dapat dibuktikan kebenarannya. 
Kegiatan pemasaran adalah merupakan suatu ujung tombak keberhasilan suatu perusahaan dalam usaha untuk menjual serta meningkatkan nilai suatu perusahaan dimata para konsumen terhadap produk atau jasa yang telah dihasilkan, karena dengan hal ini dapat menciptakan nilai produk dan kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.

Perencanaan pemasaraan adalah suatu bentuk dari proses manajemen yang bertujuan pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk dapat mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan yang dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran

Kesimpulan 
Saat kita ingin menjual suatu produk dan kita ingin menawarkan kepada konsumen produk yang kita jual, kita harus melakukan suatu analisa terlebih dahulu dengan informasi-informasi yang kita dapat kita bisa mengolah atau memasak informasi tersebut menjadi informasi yang berguna. Dengan adanya informasi yang berguna kita dapat membuat atau menyusun strategi untuk menjual produk kita kepada konsumen dan juga kita dapat memberikan layanan yang baik kepada konsumen sehingga kepuasan konsumen kepada produk menjadi meningkat dan membuat nilai tambah bagi produk atau jasa.

Sekarang sudah tau kan tentang teknik dan strategi pemasaran, semoga membantu. Tetap jaga kesehatan ya.








No comments:

Post a Comment